Monday, May 16, 2016

Cara beternak Kenari Lokal Super

Untuk penggemar burung kenari lokal super yang menginginkan pelihara maupun membudidayakan burung kenari lokal super, ada hal yang butuh di perhatikan dalam memelihara maupun berternak kenari lokal super supaya bisa memperoleh burung kenari yang memiliki kwalitas nada yang bagus serta nada yang anda kehendaki. Langsung saja sa000ya bakal menerangkan bagaimana caranya ternak kenari lokal super. Untuk beberapa pemula yang menginginkan lakukan usaha atau usaha ternak kenari lokal super anda mesti mengetauhi mengenai apa sajakah yang butuh di perhatikan diantaranya :
Cara beternak Kenari Lokal Super



Pertama umur burung kenari
Umur burung kenari lokal super yang cocok untuk diternak rata – rata berusia antara 6 sampai 8 bulan dan untuk induknya sendiri berusia kurang lebih 6 bulan, karena umur burung sangat berpengaruh dalam melakukan ternak burung kenari. Intinya anda harus mengetahui kapan burung kenari itu sudah siap dilakukan untuk proses kawin karena jika umur burung kenari terlalu muda maka akan sangat berpengaruh pada kualitas burung yang akan dihasilkan.

Kedua jenis kelamin burung kenari
Pada saat melakukan ternak kenari lokal super anda harus tahu bagaimana membedakan jenis kelamin antara burung kenari jatan dan burung kenari betina. Bagi anda yang mungkin sudah lama mengenal jenis burung maka tidaklah sulit membedakan antara burung kenari jantan dan burung kenari betina tetapi bagi para pemula yang baru terjun dalam hal berternak burung maka anda harus berhati – hati agar tidak salah memilih mana burung kenari jantan dan mana yang burung kenari betina.

Ketiga kandang atau sangkar
Penempatan kandang burung kenari sebaiknya diletakkan di tempat dimana burung merasa aman dan tidak tergangu oleh apa pun karna jika merasa terganggu maka burung tidak akan mau mengerami telurnya. Sebaiknya penempatan kadang diletakkan ditempat yang teduh , jauh dari kebisingan, kadang tidak goyang – goyang untuk menghidari agar sangkar tidak jatuh, jauh dari binatang serangga maupun lainnya.

Keempat proses perjodohan burung kenari
Untuk melakukan proses perjodohan ada berbagai macam cara untuk menjodohkan indukanya, antara lain dengan menggukan kandang yang dibuat ditengahnya diberi pembatas atau sekat agar burung dapat saling berinteraksi selama proses pengenalan, untuk proses pengenalan sendiri kurang lebih 3 hari sampai dengan 6 hari agar burung terbiasa dan tidak saling berkelahi setelah itu baru proses penyatuan. Ada pula yang langsung disatukan jika anda merawat dari kecil kemungkinan berkelahi sangat kecil, jika burung betina sudah siap dikawinkan maka dilakukan proses penyatuan. Pada masa penyatuan di kandang jika sudah terlihat kawin maka siapkan tempat pengeraman dengan cara membuatkan sendiri atau pun membeli tempat pengeraman yang sudah jadi di pasaran, untuk tempat pengeraman hendaknya anda bisa membuatkannya dengan cara dibuat seperti bola lalu tinggal anda melubangi dengan bolam sebagai tempat keluar masuk burung atau juga bisa bisa meberikan bahan anyaman supaya burung dapat membuat tempat pengeraman sendri. Setelah proses pembuatan tempat pengeraman maka burung betina akan bertelur burung kenari biasanya akan bertelur 1 sampai dengan 4 bahkan lebih jika burung betina sedang produktif.

Kelima proses pengeraman
Pada proses ini anda berlu berhati – hati pada saat burung melakukan proses pengeraman kita perlu memperhatika suhu tempat pengeraman karena jika suhu berubah – ubah maka telur tidak akan mau menetas untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menambahkan lampu 5 watt ditempat pengeraman tersebut karena proses pengeraman sendiri sangat lama kurang lebih 12 sampai dengan 15 hari maka kita perlu memberikan penerangan berupa lampu sampai menetas satu persatu. Pada proses penetasan hendaknya burung jantan mulai dipisahkan. Pada saat memberi pakan (meloloh) burung hendaknya perlu memberikan pakan anakan burung kenari dengan memberi air secukupnya pada anakan tersebut tujuannya agar anakan kenari bisa tumbuh lebih cepat dengan baik.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana cara ternak kenari lokal super semoga dapat bermanfaat bagi anda semua khususnya bagi pecinta burung kenari kesimpulanya dalam memelihara burung kenari hendaknya lebih telaten dan sabar agar kita dapat menghasilkan burung yang seseuai dengan keinginan kita.
“Teima kasih dan selamat mencoba !!

Related Posts

Cara beternak Kenari Lokal Super
4/ 5
Oleh