Wednesday, February 4, 2015

Penyebab Penonjolan Tualng Dada Pada Lovebird

Penonjolan tulang dada pada lovebird  secara umum disebab kan tidak sedikit massa otot yg hilang (atrophying). Factor ini yaitu resiko serta-merta dari penurunan bobot tubuh dengan cara bertahap (akibat kekurangan gizi) ataupun dengan cara mendadak (penyakit). Bila tidak serta-merta diatasi, sebahagian besar lovebird berdada nyilet bakal berakhir pada kematian, tapi sebahagian lagi bisa bertahan hidup lebih lama, tergantung dari penyebabnya.

Sebelum berlangsung sesuatu yg tidak di inginkan, khususnya dalam penangkaran lovebird, tiap-tiap breeder dianjurkan mempunyai timbangan elektrik (unit gr) yg memiliki dua angka di belakang koma (sekarang harganya lebih kurang Rupiah 150.000). Tujuannya supaya bakal lakukan penimbangan pada burung-burung yg dicurigai dapat mengarah ke dada nyilet.
Penyebab Penonjolan Tualng Dada Pada Lovebird

Kisaran bobot ideal lovebird sebenarnya teramat relatif, sebab ada pula yg menyebut 40-60 gr. Bersama membiasakan penimbangan terhadap lovebird masing-masing di penangkaran, Anda mampu menciptakan kisaran sendiri menyangkut bobot ideal. Dari bobot ideal inilah, Anda sanggup memastikan apakah lovebird mengalami kegemukan (obesitas), kurus, atau kurus sekali (dada nyilet).

Seandainya bobot badannya menyusut seputar 5-10%, lovebird sanggup dikatakan kurus. Tapi apabila penurunan bobot tubuh mencapai 10-20%, atau bahkan lebih,

Intinya, disaat penurunan bobot tubuh lovebird capai angka 10%, Anda mesti langsung bertindak. Lebih-lebih jikalau disertai gejala klinis yang lain seperti perubahan warna kotoran, diare, muntah, burung tak mau makan, perubahan warna bulu, bulu acak-acakan, ke luar lendir dari lubang hidung (nares), dan seterusnya.

Dalam sekian banyak kasus, nafsu makan burung masih bagus, namun tubuhnya konsisten kurus & berdada nyilet. Dalam bermacam kejadian, lovebird berdada nyilet yg dibiarkan tidak dengan pengobatan berhenti terhadap kematian. Kalau yg mati ialah indukan unggulan, ini merupakan kerugian besar.

Pemetaan penyebab lovebird berdada nyilet

Banyaknya faktor penyebab lovebird jadi kurus hingga berdada nyilet  menciptakan pemetaan penyebabnya juga sebagai berikut :

Masalah pakan, baik dengan cara mutu (gizi) ataupun kuantitas (porsi).
Penyakit gondok burung
Keracunan bahan logam berat
Permasalahan dgn paruh
Kendala parasit :
Giardia
Cacing gelang
Tungau kulit
Lalat & kutu
Infeksi penyakit yg disebabkan bakteri, virus, & jamur. Sekian Banyak penyakit yg tidak jarang berdampak kepada penurunan bobot tubuh lovebird antara lain :
PDD (Proventricular Dilatation Disease)
Psittacosis
Aspergillosis
TB burung (avian tuberculosis)
Candida / Candidiasis
Polyoma / Avian Polyoma
WNV (West Nile Virus)

Related Posts

Penyebab Penonjolan Tualng Dada Pada Lovebird
4/ 5
Oleh