Sunday, June 17, 2012

PELUANG USAHA BETERNAK MERPATI HIAS

Peluang Usaha


Merpati hias saat ini sangat populer di berbagai daerah di indonesia . Dulu merpati hias jarang peminatnya , bahkan banyak yang tidak tau tentang adanya merpati hias.
Di saat ini sudah banyak yang memanfaatkan popularitas merpati hias . Banyak peternak burung yang beralih untuk beternak merpati hias. Banyak juga yang sudah merasakan hasil dari merpati hias .

Tren merpati hias di memuncak pada Tahun 2012-2014 , hampir semua jenis merpati hias sudah menyebar di berbagai daerah.
Untuk harga merpati hias jenis lokal di tahun 2015 cenderung menurun , itu disebabkan karena meningkatnya populasi yang sangat signifikan untuk jenis varian tertentu seperti Fantail/kipas , King , Gondok dll .

Dulu peternak masih jarang ditemukan ,dan jenis merpati hiaspun masih tergolong langka , namun sekarang banyak yang ikut beternak logikanya kalau semua beternak terus siapa yang beli ?
Selain itu menurunya harga juga disebabkan oleh menurunya kualitas dari merpati hias itu sendiri.

Tidak sampai disitu , peternak tidak pernah kehabisan akal , saat ini mereka mulai beternak merpati hias impor , harga awal memang sangat tinggi , karena produk impor memang bagus bagus , dan masih langka di indonesia .

Tapi jangan kawatir kalau kita ingin memulai belum terlambat kok , tidak perlu mengejar tren saja . kalau jangka panjang masih sangat menguntungkan . karena harga merpati hias tidak akan lebih murah dibanding merpati konsumsi .

Kuncinya kalau ingin beternak harus bisa menjaga kualitas , jangan seperti peternak yang semata mata mengejar uang , mereka lebih mengutamakan kuantitas .itu yang menyebabkan harga hancur.

Nah untuk teman teman dunia parkit , ini perkiraan perhitungan modal awal dan pendapatan :

A. Investasi
- kandang       Rp. 2.000.000
- Induk 15 pasang @ 1 juta               Rp. 15.000.000
Total : 17.000.000

B. Biaya Operasional tiap bulan
- Pakan                 Rp. 500.000

C. OMZET
- Hasil penjualan anakan ( 1 Pasang indukan menghasilkan 1 pasang anakan. 1 bulan panen 2 kali ) @ 500.000 Jadi total nya adalah 15 juta/bulan dari hasil penjualan anakan.

15.000.000-500.000 = 16.500.000 / bulan .

Wow besar juga ya . memang betul , sudah banyak yang berhasil dan sukses beternak merpati hias , penghasilan sebanyak itu sangatlah mungkin  didapatkan asal tau kuncinya.

Yang paling penting adalah pemasaran , untuk bisa menjual hasil anakan kita harus mempunyai banyak relasi. salah satu caranya adalah bergabung dengan komunitas 2 pecinta merpati hias.

Related Posts

PELUANG USAHA BETERNAK MERPATI HIAS
4/ 5
Oleh